Selasa, 17 November 2015

MIDDLE WARE

Middleware 

Middleware adalah perangkat lunak komputer yang menyediakan layanan untuk aplikasi perangkat lunak di luar yang tersedia dari sistem operasi. Hal ini dapat digambarkan sebagai “perangkat lunak lem”. Middleware memudahkan pengembang perangkat lunak untuk melakukan komunikasi dan input atau output, sehingga mereka dapat fokus pada tujuan khusus dari aplikasi mereka. Middleware adalah perangkat lunak yang menghubungkan komponen perangkat lunak atau aplikasi perusahaan. Middleware adalah lapisan perangkat lunak yang terletak di antara sistem operasi dan aplikasi pada setiap sisi jaringan komputer terdistribusi. Biasanya, mendukung kompleks, aplikasi bisnis perangkat lunak yang didistribusikan.

Tujuan Umum dari Middleware

Ø  Middleware adalah S/W penghubung yang berisi sekumpulan layanan yang memungkinkan beberapa proses dapat berjalan pada satu atau lebih mesin untuk saling berinteraksi pada suatu jaringan.
Ø  Middleware sangat dibutuhkan untuk bermigrasi dari aplikasi mainframe ke aplikasi client/server dan juga untuk menyediakan komunikasi antar platform yang berbeda.
Database Middleware adalah salah satu jenis middleware disamping message-oriented middleware, object-oriented middleware, remote procedure call, dan transaction processing monitor. Perkembangan Middleware dari waktu ke waktu dapat dikatagorikan sebagai berikut:
Ø  On Line Transaction Processing (OLTP) Merupakan perkembangan awal dari koneksi antar remote database. Pertama kali ditemukan tahun 1969 oleh seorang engineer di Ford, kemudian diadopsi oleh IBM hingga kini dikenal sebagai proses OLTP. DIGITAL ACMS merupakan contoh lainnya yang sukses pada tahun 70-an dan 80-an.
Ø  Remote Procedure Call (RPC) Menyediakan fasilitas jaringan secara transparan. Open Network Computing (ONC) merupakan prototipe pertama yang diperkenalkan awal tahun 70-an. Sun unggul dalam hal ini dengan mengeluarkan suatu standar untuk koneksi ke internet. Distributed Computing Environment (DCE) yang dikeluarkan oleh Open Systems Foundation (OSF) menyediakan fungsi-fungsi ONC yang cukup kompleks dan tidak mudah untuk sistem administrasinya.

Manfaat Middleware

Sebuah Abstraksi Middleware diciptakan sebagai perantara antara Sistem Operasi dengan Software Apliskasi yang terdistribusi pastinya memiliki manfaat yang besar:
  1. 2 buah platform atau aplikasi dapat dijalankan secara bersamaan pada sistem yang terdistribusi
  2. Memungkinkan satu aplikasi berkomunikasi dengan lainnya walaupun berjalan pada platform yang berbeda
  3. Transparansi di seluruh jaringan sehingga menyediakan interaksi dengan layanan atau aplikasi lain
  4. Independen dari layanan jaringan
  5. Handal dan selalu tersedia

Contoh Layanan Middleware
  • Transaction Monitor : Produk pertama yang disebut middleware. Menempati posisi antara permintaan dari program client dan database, untuk menyakinkan bahwa semua transaksi ke database terlayani dengan baik
  • Messaging Middleware : Menyimpan data dalam suatu antrian message jika mesin tujuan sedang mati atau overloaded
Mungkin berisi business logic yang merutekan message ke ujuan sebenarnya dan memformat ulang data lebih tepat
Sama seperti sistem messaging email, kecuali messaging middleware digunakan untuk mengirim data antar aplikasi
  • Distributed Object Middleware
Contoh: RPC, CORBA dan DCOM/COM
  • Middleware basis data: Menyediakan antarmuka antara sebuah query dengan beberapa database yang terdistribusi. Contoh: JDBC, ODBC, dan ADO.NET
  • Application Server Middleware
Contoh: J2EE Application Server, Oracle Application Server

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar