Minggu, 30 September 2012


Definisi interpreter :
perangkat lunak yang mamapu mengeksekusikode program ( yang di tulis oleh programmer). Lalu menterjemahkannya kedalam bahasa mesin, sehingga mesin yang melakukan intruksi yang di minta oleh programmer.
Perintah-perintah yang di buat oleh programmer tersebut di eksekusi baris demi baris sambil mengikuti logika yang terdapat di dalam kode tersebut.
Definisi compiler :
translator yang menterjemahkan intruksi ke dalam bahasa tingkat tinggi ke dalam bahasa mesin.Program yang di kompilsikan secara umum lebih cepat daripada yang menggunakan bahasa interpreter.
Keuntungan dari interpreter adalah program tidak perlu di kompilasikan untuk di jalankan.



Perbedaan interpreter dan compiler


1.Jika hendak menjalankan program hasil kompilasi dapat di lakukan tanpa butuh kode sumber, sedangkan interpreter membutuhkan kode sumber.
2.Jika dengan compiler, maka pembuatan kode yang bisa di jalankan mesin dengan 2 tahap terpisah yaitu :  parsing dan linking. Sedangkan interpreter  tidak ada proses terpisah.
3.Jika compiler membutuhkan linker unutk menggabungkan kode objek dengan berbagai macam library demi menghasilkan kode yang bisa di jalankan  oleh mesin. Sedangkan interpreter  tidak  butuh linker untuk menggabungkan  kode objek dengan berbagai macam library.
4.Interpreter cocok untuk membuat/ menguji modul, maka compiler agak repot karna untuk mengubah modul kode objek kecil, maka harus di lakukan proses linking.
5.Pada compiler bisa di lakukan optimisisai/ peningkatan kualitas kode yang  bisa di jalankan. Ada yang dioptimasi supaya lebih cepat, ada yang supaya lebih kecil, ada yang dioptimasi untuk sistem dengan banyak processor.kalau interpreter  susah atau bahkan tidak bisa di optimisasikan.



Contoh bahasa pemerogaraman Interpreter dan Compiler

1.interpreter :
  •        C++
  •        PORTHAN
  •       Pascal
  •        Dan ada

2.compiler     :
·        LISP
·        ML
·        BASIC
·        DAN SMALLTALK


sumber :
1.http://selamethariadi.wordprees.com/2011/06/05/tablet-android-honeycomb-terbaik-murah/.
3. http://www.blogger.com/profile/07737810494621013240

Tidak ada komentar:

Posting Komentar