Rabu, 29 Juni 2016

TUGAS PENGELOLAAN PROYEK SISTEM INFORMASI PENYEMPURNAAN TULISAN ILMIAH



PEMBUATAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID  UNTUK BROSUR PENJUALAN RUMAH DENGAN MENGGUNAKAN VUFORIA DAN UNITY 3D

1.1     Latar Belakang Masalah
Teknologi Augmented Reality ( AR), atau dapat diterjemahkan menjadi realitas tertambah.. Secara umum menurut Ronald T. Azuma (1997:2) prinsip dariAugmented Reality sendiri masih sama dengan Virtual Reality, yaitu bersifat interaktif, mendalam, real time, dan memiliki objek virtual yang biasanya berbentuk tiga dimensi. Namun kebalikan dari virtual reality yang menggabungkan objek nyata (user) kedalam lingkungan virtual, augmented reality menggabungkan objek virtual pada lingkungan nyata. Kelebihan utama dari Augmented realitydibandingkan Virtual reality adalah pengembangannya yang lebih mudah dan murah, sehingga tidak seperti virtual reality yang sampai saat ini masih digunakan secara terbatas oleh kalangan tertentu, augmented reality sudah  menyebar secara cepat di berbagai bidang yang bahkan belum dapat dijangkau oleh virtual reality. Kelebihan lain dari augmented reality yaitu dapat diimplementasikan secara luas dalam berbagai media, baik sebagai aplikasi dalam sebuah smartphone seperti Android dan iPhone ataupun berbasis desktop dan perangkat lainnya yang akan datang seperti Microsoft HoloLens .
Dengan kelebihannya tersebut, augmented reality memiliki banyak peluang untuk terus dikembangkan, Augmented Reality sendiri sudah banyak di terapkan dalam berbagai bidang seperti pendidikan, kesehatan bahkan bidang periklanan.Augmented reality bisa menjadi salah satu dari bentuk strategi untuk digunakan  oleh perusahaan yang mengiklankan produknya dengan menggunakan media yang tercetak seperti brosur dan juga secara online. Perusahaan-perusahaan ini melihat bahwa AR merupakan sebuah cara yang ideal untuk mengantarkan pesan-pesan persusasif kepada para konsumen yang mengikuti perkembangan teknologi. Oleh karena itu iklan dengan menggunakan augmented reality akan bisa memberikan elemen yang menyanangkan, menarik dan baru untuk banyak konsumen, sehingga dapat membantu untuk mencapai tujuan dari iklan itu sendiri.
Setelah mengetahui kelebihan-kelebihan yang bisa didapatkan dengan menggunakan Augmented Reality untuk mengiklankan produk melalui media cetak seperti brosur, maka dengan dibuatnya sebuah brosur penjualan rumah dengan  mengimplentasikan teknologi Augmented Reality berbasis Android didalamnya diharapkan dapat lebih meningkatakan ketertarikan konsumen kepada produk-produk yang kita tawarkan.


1.2     Batasan Masalah
Brosur penjualan rumah dengan augmented  reality ini ditujukan untuk calon konsumen yang mengikuti perkembangan dan berpikiran mengacu kepada teknologi yang memiliki perangkat smartphone berbasis android ataupun perangkat berbasis android lainnya yang memiliki kamera.

1.3     Tujuan Penulisan
        Tujuan dari penulisan ini adalah untuk membuat sebuah media iklan denganaugmented reality (dalam hal ini sebuah brosur) yang dapat memberikan pengalaman yang baru dan menarik bagi konsumen sehingga dapat meningkatkan ketertarikan konsumen kepada produk yang kita tawarkan.

1.4     Kelebihan & Kekurangan
       
        Kelebihan :
· Lebih menarik dan persuasive dibandingkan brosur biasa
· Dapat memberikan gambaran lebih jelas dari produk(rumah) yang ditawarkan

Kekurangan :
· Baru bisa digunakan pada OS android saja
      . Belum ada suara atau animasi di dalam aplikasi
. Spesifikasi dari ukuran rumah belum ada

Tampilan Aplikasi Sebelum Perbaikan



Tampilan Aplikasi Sesudah Perbaikan 


KELOMPOK :

4KA11

Theofilus K. Tri Yudhanto (17112347)
Kevin Jonasita (14112059)
Emir Firdaus (12112248)
Dody Prayoga (12112245)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar